Ticker

6/recent/ticker-posts

20 Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

20 Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya - Sebagian besar masyarakat Indonesia tak asing dengan daun kelor yang sempat menggemparkan publik lantaran dipercaya mampu menjaga rumah dari serangan makhluk ghaib. Namun di balik semua itu, daun yang bernama latin Moringa oleifera ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Menurut laporan Medical News Today, daun kelor atau the drumstick tree mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, serta anti-inflamasi. Tumbuhan yang berasal dari India ini sudah banyak ditemui di Afrika, Amerika Selatan, hingga Asia, termasuk Indonesia.


Daun kelor merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral cukup tinggi. Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C.


Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.


Daun kelor juga memberikan khasiat untuk kecantikan kulit. Daun ini mengandung protein dan vitamin C yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Bahkan, daun kelor juga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Untuk dijadikan perawatan kulit dan rambut, Anda bisa menjadikan daun kelor sebagai masker.


Lalu, apa saja manfaat daun kelor secara keseluruhan? Namun sebelum memetik khasiatnya, Anda perlu mengetahui cara mengolah daun kelor terlebih dahulu seperti berikut.


Anda bisa memakan daun kelor mentah seperti lalapan. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi daun kelor jika melebihi empat jam setelah dipetik dari pohonnya.


Daun ini mudah mengalami proses fermentasi, terlihat dari daunnya yang cepat layu dan menguning. Ketika daun keluor sudah menguning, maka kandungan nutrisinya bakal berkurang.


Cara mengolah daun kelor yang sering dilakukan orang zaman dahulu adalah menyeduhnya seperti teh. Untuk bisa mendapatkan teh daun kelor, Anda harus menyiapkan bubuk daun kelor yang sudah dikeringkan.


Baca juga : 10 bahan alami untuk memutihkan gigi


20 Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya
Source : sehatq.com


Berikut adalah cara mengolah daun kelor menjadi teh:


- Petik daun kelor yang masih segar dan muda. Letaknya di dekat pucuk dan berwarna hijau muda.


- Rendam daun kelor di dalam air bersih untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.


- Keringkan daun kelor setelah dicuci. Caranya, letakkan daun kelor di nampan, kemudian simpan di udara terbuka. Sebaiknya jangan letakkan daun kelor di bawah sinar matahari langsung karena bisa membuat kandungan gizinya berkurang.


- Jika daun kelor sudah kering, tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk halus.


- Simpan daun kelor yang sudah menjadi bubuk di dalam wadah khusus. Kemudian harus diletakkan di tempat yang sejuk agar menghilangkan enzim oksidatif yang membuat daun kelor bubuk tak bisa disimpan lama. Daun kelor pun bisa tahan lama meski tanpa bahan pengawet.


- Ketika ingin membuat teh, ambil 1 atau 2 sendok makan daun kelor bubuk, lalu seduh dengan air panas. Anda bisa menambahkan madu jika menginginkan rasa yang lebih manis. Konsumsi teh daun kelor dalam keadaan hangat.


Selain mengonsumsinya secara mentah dan dibuat teh, Anda juga bisa mengolah daun kelor menjadi sayur bening. Caranya cukup mudah. Tak kalah dengan sayur bayam, sayur bening daun kelor juga tetap memberikan ragam manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. 


Anda perlu menyiapkan satu mangkuk daun kelor muda yang masih segar, jagung manis, tambahkan irisan oyong dan wortel, siapkan satu buah tomat dan daun kemangi.


Untuk bumbunya, Anda bisa mencampurkan empat siung bawang merah yang telah diiris halus, satu sentimeter temu kunci, serta tambahkan gula pasir dan garam secukupnya.


Baca juga : Cara memutihkan kulit dengan cepat dan alami


20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

1. Menurunkan berat badan


2. Menghilangkan flek hitam


3. Baik untuk ibu menyusui


4. Meningkatkan kesehatan mata


5. Mencegah kanker


6. Menurunkan risiko penyakit ginjal


7. Memperlambat penuaan dini


8. Mengobati rematik


9. Memelihara kesehatan jantung


10. Mengatasi diabetes


11. Melancarkan kesehatan pencernaan


12. Mengurangi peradangan


13. Melindungi tubuh dari bakteri


14. Menyehatkan kulit


15. Menurunkan tekanan darah tinggi


16. Mengatasi stres


17. Meningkatkan kinerja otak


18. Menurunkan kolesterol


19. Mencegah anemia


20. Menjaga kesehatan otot

Sumber: Medical News Today, Healthline

Posting Komentar

0 Komentar